Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Angkatan Pemuda Indonesia Palopo 1947

TANALUWU.ARUNGSEJARAH.COM -  Angkatan Pemuda Indonesia Palopo 1947.

LETKOL Kahar Muzakkar sebagai Komandan Brigade Group 16 Seberang di Jawa, memerintahkan kepada Andi Punna untuk melakukan konsolidasi dengan pejuang-pejuang di Sulawesi. 

Konsolidasi ini dimaksudkan untuk memobilisasi para pejuang jika sewaktu-waktu tenaganya dibutuhkan untuk perjuangan mempertahankan Negara Kesatuan RI. 

Pada tanggal 28 September 1947, Andi Punna atas nama Komando Group 16 Seberang tiba di Palopo. Ia berhasil menghubungi pejuang pemuda Palopo yang sudah dibebaskan dari penjara Masamba, antara lain Andi Baso Hamid Opu Dg. Sigera. 

Mereka kemudian bersama-sama membentuk organisasi Angkatan Pemuda Indonesia (API) yang bersifat ilegal. 

Nama organisasi ini sama nama organisasi perjuangan di Kolaka yang dibentuk pada 10 September 1945 di mana Andi Punna juga aktif sebagai pengurus.

Organisasi API yang baru dibentuk itu diketuai oleh Andi Punna yang juga mantan ketua PETA (lihat, Pecinta Tanah Air), dibantu oleh Andi Baso Hamid, Andi Supriano dan lain-lain.

Sebelum terjadinya Masamba Affair, pemuda API bekerjasama dengan Kaso Ghani sebagai utusan Komando Group Seberang, meng-adakan rapat di Amassangeng (Rapat di Amassangeng).

***

Sebelumnya di daerah Kolaka, terbentuk Angkatan Pemuda Indonesia Kolaka, setelah hanya dalam waktu satu bulan, jumlah anggota organisasi Pecinta Tanah Air (PETA) pimpinan Andi Punna bertambah banyak. 

Untuk itu pemuda Kolaka memerlukan wadah perjuangan baru yang mempunyai jangkauan dan wilayah operasi yang lebih luas.

Maka pada tanggal 10 September 1945, dibentuklah organisasi baru yang bernama Angkatan Pemuda Indonesia (API). 

Organisasi ini diketuai oleh Andi Kamaruddin (Andi Punna, menurut Sudarti, 1990:36) dibantu oleh M. Yoseph, Haji Wahid Ahmad, Tahrir, Salampessy, Abu Baeda, Borahima, Tjokeng dan Daeni. 

Setelah berumur kurang lebih satu bulan, API melebur ke dalam organisasi Pemuda Republik Indonesia (PRI) yang berpusat di Palopo (PRI Kolaka). 

Sumber: Ensiklopedi Sejarah Luwu