Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengibaran Bendera Merah Putih di Larompong 1945

Ilustrasi
TANALUWU.ARUNGSEJARAH.COM -  Pengibaran Bendera Merah Putih Berkibar di Larompong 1945. 

SEBAGAI realisasi dari salah satu keputusan rapat pembentukan Pemuda Nasional Indonesia di Larompong (PNI Larompong), maka dilakukanlah pengibaran bendera Merah Putih di lapangan sepak bola Larompong yang dipimpin oleh Kepala Distrik Larompong. 

Pengibaran bendera itu juga dihadiri oleh semua kepala–kepala kampung dalam wilayah Distrik Larompong, guru-guru sekolah dan pegawai-pegawai negeri serta ribuan penduduk dalam wilayah distrik Larompong.

Dalam upacara itu sekolompok murid sekolah yang telah dilatih beberapa hari sebelumnya bersama beberapa orang anggota Muhammadiyah menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

Mereka dipimpinan oleh seorang guru Sekolah Sambungan (Vervolg School) yang bernama J. Palesang.

Selain itu, Andi Mahmud Kepala Distrik Larompong dan beberapa tokoh Pemuda Pejuang melakukan pidato untuk membangkitkan semangat perjuangan. 

Dalam pidatonya mereka memberitahukan secara resmi kepada seluruh rakyat Larompong bahwa Republik Indonesia telah merdeka. 

Kemerdekaan Republik Indonesia ini telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 atas nama bangsa Indonesia Sukarno dan Hatta yang kemudian diangkat menjadi Presiden dan wakil Presiden.

Sebagai langkah selanjutnya, utusan PNI pusat kemudian mengadakan rapat umum di pasar Larompong (Rapat Umum di Pasar Larompong).

Sumber: Ensiklopedi Sejarah Luwu dan Perang Kota, Perlawanan Rakyat Luwu 23 Januari 1946.