Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ahmad Ali, Ahli Sadap Telepon di Luwu Masa Revolusi 1945

Iluastrasi

TANALUWU.ARUNGSEJARAH.COM - Ahmad Ali, Ahli di Bidang Telepon di Luwu Masa Revolusi 1945.

AHMAD Ali adalah seorang ahli di bidang telepon. Dalam struktur organisasi PNI Luwu, ia masuk dalam anggota Staf Penerangan dan merangkap sebagai Kepala Teknik. 

Di masa revolusi Ahmad Ali ditugaskan untuk mempersiapkan satu pesawat radio yang lengkap, untuk membantu kegiatan bagian penerangan PNI. 

Ahmad Ali diangkat sebagai Kepala Tentara Pelajar yang kebanyakan anggota adalah murid sekolah. Tentara Pelajar adalah organisasi tidak resmi bentukan PNI. Anggota Tentara Pelajar ini dilatih oleh Ahmad Ali mengenai teknik dan tata cara komunikasi dengan menggunakan pesawat telepon. 

Di samping itu, ia juga mengajarkan pada para pemuda bagaimana cara mencantol kawat telepon, baik untuk melakukan pembicaraan, maupun untuk menyadap pembicaraan orang lain. 

Selain mengajarkan mengenai telepon, Ahmad Ali juga mengajarkan cara membuat alat pengeras suara yang bisa disambung pada radio penerima. 

Alat pengeras suara ini dipasang di sudut jalan dekat Mesjid Jami Tua Palopo. Hasilnya, siaran radio dari Jawa Timur dapat ditangkap dengan baik dan didengar oleh masyarakat, termasuk pada saat pidato Bung Tomo, pelopor pemuda pejuang dari Surabaya.

Saat itu, informasi dari Jawa lebih banyak diterima oleh radio pemuda di Palopo, dibanding dengan informasi yang berasal dari Makassar yang merupakan ibu kota Sulawesi. 

Seperti pada tanggal 1 September 1945, radio pemuda di Palopo menangkap berita penting dari Jawa Timur tentang diresmikannya Pekik Merdeka dan Lambang Merah Putih serta berkibarnya Bendera Merah Putih yang pertama kali di Jakarta.

Pada Serangan Umum di kota Palopo 23 Januari 1946, Ahmad Ali bersama Andi Baso Rahim memim-pin pasukan pelajar dengan basis penyerangan di Sektor Kantor Pos.

Setelah perang revolusi fisik berakhir dan Partai Komunis Indonesia mulai melakukan aksinya, Ahmad Ali dikenal sebagai salah seorang tokoh PKI terkemuka di Palopo.

Sumber: Ensiklopedi Sejarah Luwu; Perang Kota, Perlawanan Rakyat Luwu 23 Januari 1946; Sejarah Luwu, Catatan Ringkas Sejarah Luwu Sebelum Kemerdekaan; Jejak Suara Rakyat, Menelusuri Sejarah DPRD Kota Palopo.